Gaya hidup praktis dan cepat telah menjadi ciri khas gaya hidup manusia modern. Salah satu contoh adalah tentang cara orang mencuci pakaian. Mencuci pakaian merupakan salah satu kebutuhan utama dalam suatu keluarga. Salah satu jasa yang menawarkan pemenuhan kebutuhan ini adalah jasa laundry.

Bisnis laundry di Indonesia mengalami pertumbuhan signifikan dari tahun ke tahun. Bahkan, selama 2021-2022 diperkirakan tumbuh sebesar 50%. Pertumbuhan ini terutama disebabkan oleh kesadaran masyarakat yang percaya bahwa mencuci pakaian di laundry jauh lebih bersih dan efisien. Hal ini membuat penyedia perangkat laundry professional, menganggap Indonesia sebagai pasar utama dengan potensi besar dalam bisnis laundry, dalam upaya untuk terus melakukan penetrasi pasar Indonesia.

Perkembangan usaha laundry dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan. Beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan usaha laundry antara lain:

  1. Peningkatan pendapatan: dengan peningkatan pendapatan masyarakat, maka kemampuan untuk membayar jasa laundry juga meningkat.
  2. Peningkatan jumlah penduduk: dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka permintaan akan jasa laundry juga meningkat.
  3. Peningkatan gaya hidup: gaya hidup yang semakin modern dan sibuk membuat banyak orang mengutamakan jasa laundry untuk menghemat waktu dan tenaga.
  4. Peningkatan teknologi: perkembangan teknologi yang semakin canggih juga membuat proses laundry menjadi lebih efisien dan cepat.
  5. Peningkatan trend : trend yang semakin berkembang seperti self service laundry dan laundry kiloan membuat banyak orang lebih memilih jasa laundry yang lebih praktis dan efisien.
  6. Peningkatan Aksesibilitas : dengan berkembangnya teknologi dan internet, aksesibilitas dari pelanggan untuk menemukan jasa laundry juga semakin mudah.

Secara umum perkembangan usaha laundry dari tahun ke tahun cenderung positif, namun masih memerlukan perhatian dan pengembangan yang baik untuk dapat berkembang dengan baik.